Minggu, 02 Februari 2014

Mendapatkan Pelajaran Gara-gara Berbagi Pelajaran


didinmahardi.blogspot.com – Hari kemarin saya mengambil jahitan baju. Sebenarnya baju ini sudah jadi sejak satu minggu yang lalu. Bahkan lebih. Tapi baru saya ambil kemarin. Ini karena minggu kemarin saya masih di rumah. Liburan.

Dalam adegan pengambilan baju kemarin, saya sempat ditanyai “Mau dicoba dulu mas?” “Boleh” jawab saya. Sayapun mencoba baju tersebut. Melihat-lihat sekedarnya.

Sebenarnya tak ada efeknya buat saya. Mau saya coba ditempat, atau dicoba di pondok. Tak ada efeknya. Kenapa tak ada efeknya?. Karena jika seandainya baju tersebut ternyata cacat, tetep sulit akan diperbaiki. Karena bahan untuk memperbaikinya tidak ada. Sudah habis. Dan tak ada bahan cadangan. Seandainya dipaksakan untuk membeli bahan lagi, akan perlu waktu yang lama. Perlu pesan ke Jawa Timur, belum lagi waktu jahitnya.

Jadi tujuan saya mencoba baju tersebut adalah untuk memberikan evaluasi kepada penjahitnya. Misalnya ada cacat ini-itu, atau yang lainnya. Agar kelak jika menjahitkan baju lagi. Dengan motif dan desing yang hampir sama dengan saya, ukuran tubuh yang hampir sama dengan saya juga, Ia tidak melakukan kesalahan yang sama.

Walaupun akhirnya tetap saya coba lagi di pondok. Sekedar memuaskan rasa ingin tahu dan penasaran saya. Alhamdulillah tidak ada cacat. Kecacatan yang saya temukan justru terletak pada desing yang saya buat. Motif untuk punggung yang tadinya polos, tampaknya akan lebih baik jika diberi motif tertentu. Tak masalah. Experience is the best teacher. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar