Selasa, 28 Januari 2014

Blogging Bukan Sekedar Casing


didinmahardi.blogspot.com – Dalam dua dekade belakangan ini banyak sekali penduduk dunia yang memiliki Blog. Dari bapak-bapak sampai remaja. Dari yang tua sampai yang muda. Dari yang mengunakan domain gratisan seperti blogspot dan wordpres sampai yang berbayar. Termasuk Indonesia.
Kebanyakan blogger akan bingung ketika pertama kali memiliki blog. Kebingungan itu kebanyakan dikarenakan mereka langsung memandang blog-blog milik blogger professional yang sudah pasti bagus. Artikel yang diterbitkan sudah mencapai ratusan, bahkan ribuan. Mereka tidak sadar jika para blogger professional tersebut dulunya juga seperti mereka. Pernah bingung.
Blogger pemula yang bingung itu lantas mencari jalan pintas. Copy paste artikel dari blog tetangga. Meskipun belum ada peraturan yang ketat tentang penerbitan artikel di internet, namun perilaku copy paste tersebut sudah tentu menyakiti penulis dari artikel yang bersangkutan. Apalagi jika tidak mencantumkan sumber. Bisa kebakaran jenggot mereka.
Selain kebingungan untuk mengisi blognya, tak sedikit blogger pemuala yang berkutat untuk memaksimalkan tampilan blognya. Seperti kasus di atas, mereka ini kepengen blognya langsung canggih. Tampilannya menarik. Mereka yang seperti ini lantas lupa untuk mengisi dan meng-update artikel-artikel di blognya. Padahal meng-update artikel adalah hal terpenting yang harus disadari oleh blogger. Setelah itu baru memikirkan tampilan blog.
Tampilan blog memang penting. Namun kita juga harus menyadari apa tujuan kita nge-blog. Tentu saja bukan untuk menampilkan kecanggihan blog kita. Kebanyakan tujuan blogger adalah untuk berbagi. Berbagi macam-macam. Ada yang berbagi wawasan, ada yang berbagi cerita, ada yang berbagi hasil pemikirannya, dan berbagai hal lainnya yang dapat disampaikan melalui video, suara, dan tulisan.
Jika kita amati teman kita yang hobi berselancar di dunia maya, hanya sedikit dari mereka yang memperhatikan tampilan. Kebanyakan mereka hanya sekedar mencari informasi yang sedang dibutuhkan, atau menikmati tulisan-tulisan renyah sajian para blogger. Tampilan yang mereka perhatikan hanya beberapa saja. Seperti gadget search, blog archive, atau recent post.
Para blogger proessional selalu konsisten untuk meng-update artikel blognya. Tak sedikit dari mereka yang menerbitkan artikel setiap hari. Tak jarang yang setiap harinya menerbitkan dua artikel, bahkan lebih.
Selain konsisten menerbitkan artikel, para blogger hendaknya juga sering-sering melakukan blog walking. Bagi yang masih asing dengan istilah blog walking, blog walking adalah istilah untuk kegiatan saling mengunjungi blog. Semacam silaturrahmi. Selain menjadi ajang silaturrahmi, blog walking juga bisa digunakan untuk saling belajar dan memberikan masukan. “Sekali kayuh, dua pulau terlampaui” begitu kata Guru Bahasa Indonesia.
Blogging bukan sekedar casing. Memang benar, bahwa blogging bukan hanya sekedar memaksimalkan tampilan (casing). Tapi lebih pada isi. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar