Senin, 13 Juni 2022

Kata Pengantar (2)

 Sebagai seorang santri yang tidak aktif di Pesantren, tentu sesekali saya rindu dengan Pesantren. Untuk mengobati rasa rindu tersebut, kemudian biasanya saya membuka-buka kembali kitab salaf yang pernah saya pelajari di Pesantren. Ada yang sekedar buka saja, tanpa memperhatikan tema apa. Atau sesekali memang membuka untuk mencari tau. Misalnya ketika bulan puasa, membuka dan membaca kembali bab puasa, idul fitri, dan seterusnya. 

Belakangan, saya mengkaji kitab Madarijus Su'ud. Sebuah kitab yang ditulis oleh ulama asal Indonesia sendiri. Syaikh Nawawi al-Bantani. Sebagai syarah atau keterangan lebih luas dari Kitab Maulid al-Barzanji, buah karya dari Sayyid Ja'far al-Barzanji. 

Ketika membuka dan membaca Kitab Madarijus Su'ud, iseng saya mencari terjemahannya di market place online. Ternyata belum ada. Lantas terlintas dalam benak saya, kenapa tidak saya terjemahkan saja. 

Dengan menterjemahkan kitab tersebut, akan ada banyak manfaat yang saya dapatkan. Selain dapat mengisi waktu luang, juga dapat mengobati rasa rindu saya terhadap Pesantren. Saya juga bisa belajar lagi. Belajar memahami, kemudian mentransfer pemahaman saya dalam bentuk tulisan agar dapat dipahami oleh orang lain. 

Sebuah tujuan yang sepertinya terlalu muluk. Mengingat, pada dasarnya saya adalah pemalas. Oleh karena itu, saya menekankan kepada diri saya sendiri. Dan kepada orang lain, yang mungkin akan menemukan tulisan ini, bahwa kemungkinan proyek terjemahan tidak akan sampai tamat. Meskipun tetap mungkin juga akan tamat. 

Akhirnya, dengan segala kerendahan hati. Jika tulisan saya ini nantinya selesai. Dapat dicatat oleh Allah SWT sebagai amal kontribusi saya terhadap agama Islam. Jikapun tidak selesai, toh saya sudah pernah memulai dan berproses. Kita semua tau dan meyakini, bahwa amal kontribusi sekecil apapun, pasti akan mendapatkan apresiasi yang pantas dari Allah SWT. Tentu saja semuanya juga tergantung bagaimana niat kita beramal. Niat karenaNya atau karena yang lain. Wallahu a'lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar