Rabu, 29 Januari 2014

Remaja Kampug Tanya Tumpeng (Bagian 1)


didinmahardi.blogspot.com – Hari Ahad dan malam Senin kemarin adalah hari berkabung untuk keluarga besar saya. Dua orang sesepuhnya dipanggil Tuhan. Yang pertama Mbah Paitun, adik ipar Kakek saya dari pihak ayah. Yang kedua Mbah Nolo, adik kandung Kakek saya dari pihak ayah juga.
Meninggalnya dua sesepuh keluarga kami yang hampir bersamaan itu, bukan karena apa-apa. Tapi memang demikianlah Kehendak Tuhan. Manusia boleh punya keinginan dan konsep rencana yang matang. Tapi kehendak Tuhan siapa yang dapat menentang.
Meskipun malam harinya kami sudak ta’ziyah, namun Kakek mengajak saya untuk ta’ziyah lagi siang harinya. Kakek saya itu semangat silaturrohim dengan saudaranya memang luar biasa. Saya kurang tau motif silaturrohim Kakek karena apa. Bisa karena kultur sosial didaerah kami, atau kerena agama. Entahlah. Yang jelas agama mengajakan barang siapa yang banyak silaturrohim, maka akan dipanjangkkan umurnya dan diperbanyak rizkinya. Terlepas dari berbagai penafsiran terhadap ajaran tersebut, semoga keluarga kami terkhusus Kakek dan Nenek tetap diberi kesehatan dan umur panjang. Amin.

Lanjutkan ke Bagian 2 >>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar